Shutter Count apakah menjadi hal yang Penting untuk mengetahui kondisi Kamera

1 comment

Baca Juga

Shutter Count apakah menjadi hal yang Penting untuk mengetahui kondisi Kamera


Shutter Count berarti Jumlah Jepret pada tiap kamera mirrorless atau dslr. Misal Kita Membeli kamera baru dan kita pakai untuk jepret 1x maka SC : 1. bila kita pakai 10x jepret maka sc adalah 10. disini sc dikatan penting dan tidak penting oleh para pedagang dan para FG. 

Shutter Count apakah menjadi hal yang Penting untuk mengetahui kondisi Kamera

Bagi yang mengasumsikan SC adalah penting :
Seperti halnya sepeda motor bila kita membeli bekas dimana semua kondisi masih baik secara fisik dll, maka kedua adalah kita melihat berapa kilometer yang sudah terpakai. Bila kilometer masih 50 maka cek ndak perlu banyak2, sama seperti kamera, para pedagang yang membeli kamera dengan shuttercount diatas 100rb an, semua fungsi berulang ulang mereka cek demi menanggulangi kerugian dibelakang apabila terjadi kendala pada bagian motor dan perangkat lainnya. 
Cara Cek SC - Shutter Count Kamera bisa cek di google : "ex : cek sc nikon d3100 dll. Cek sc canon,,,, 

BILA SHUTTER COUNT kamera sudah tinggi menurut teknisi ada beberapa piranti hardware yang sudah lemah. 
1. Bagian Full shutterbox camera ada beberapa gear kadang sudah mulai aus, saat dipakai shutter speed rendah, dan speed tinggi kedengarannya udah berbeda suara jepretnya. coba saya  nikon d80 sc 5rb dan d80 sc udah diatas 100rb, pasti beda. ini berpengaruh pada bit waktu cahaya yang masuk ke sensor hingga membuat warna dan kecerahan mulai berkurang. 
2. Kondisi Shutter blade sudah luset dimana ada cahaya dikit yang menerobos ke dalam saat blade tertutup
3. Flash internal lebih redup
4. Akurasi Fokus : sc tinggi sering mbleset ( tidak akurat ) mundur dan maju, atau terlihat seperti blur
5. Kondisi LCD kadang udah tidak cerah dan kadang pula terjadi lcd vignet
6. Kondisi Tombol shutter yang keras ( tidak empuk )
7. Akurasi Kunci Fokus Lebih lambat
8. dan Kendala lainnya  

Bagi yang mengasumsikan Jumlah SC ( Shutter Count ) tidak penting
1. Banyak Kamera DSLR yang memiliki SC 200rb lebih namun semua hardware tetap berjalan normal hampir tidak ada kendala 
2. Asusmsi seller kalo membahas SC nanti si kamera ndak jadi laku dll. ( sc tidak penting ), yang penting kamera saat test normal dan tidak ada kendala. 

Apakah Shutter Count Memiliki Batas. 
SC tidak pernah memiliki batas, Batasan yang anda baca di internet untuk tiap kamera itu kadang tidak sesuai dengan kenyataan, buktinya banyak sc rendah kamera udah banyak yang mati, sc rendah kadang blade udah rusak, dll. Semua tergantung cara kita menggunakan kamera, tidak banyak kita pakai slow speed, atau shuter speed tinggi secara beriulang, dan sering dilakukan recording video diatas 10 menit keatas. tanpa istirahat. ini akan menyebabkan suhu kamera naik, kadang terasa oleh tangan kamera menjadi sangat panas, kondisi seperti ini harus segera kita hentikan segala aktifitas pada kamera kita sebelum prompt warning dikeluarkan oleh kamera yang nanti akan di tampilkan di lcd. 

Apakah Tiap Kamera memiliki jangka sc yang berbeda - beda ?
Jelas iya, kamera kan sudah dibagi menjadi beberapa kelas, ada versi amatir, Semi pro, pro dan beberapa sub bagian lainnya. Kalo kita bandingkan Canon 1100d, sc 90rb an keatas bagi teknisi ini udah terlampau tinggi dari segi kondisi dan kesehatan kamera, beda dengan canon eos 5d mark II, sc 100rb mah ini masih terlalu dini. semua fasih berfingsi dengan  baik, semua piranti di shutter box masih menggelegar tanpa lek, dan akurasi fokus masih baik sekali. 






Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar:

  1. OG youtube App for Download YouTube Videos from android phone.
    https://goo.gl/8e8GTa

    BalasHapus

Komentar Terakhir

2nd HOT Item !!!