Jual-Beli Barang Elektronik Bekas di Internet? Perhatikan Hal-Hal Berikut

Komentar

Baca Juga

Dunia tanpa batas yang disebut internet memiliki segudang manfaat, terutama dalam hal jual-beli barang digital maupun fisik. Dari sekian banyak hal yang bisa dijual maupun dibeli, jual-beli barang elektronik bekas seperti misalnya laptop bekas, kamera bekas, TV, hingga komputer adalah satu di antaranya.
Hal terbaiknya ketika menggunakan media internet adalah, Anda tidak benar-benar perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk pergi langsung ke tokonya. Anda bisa melihat-lihat, di mana pun Anda berada dan kapan pun, hingga Anda sudah menentukan barang bekas seperti apa yang hendak Anda beli.
Ada banyak sekali produk elektronik bekas yang masih sangat layak untuk digunakan ulang di luar sana, apalagi harga yang ditawarkan sesuai dengan budget yang dimiliki. Dan ketika Anda hendak menjual barang elektronik Anda di internet, ada segudang cara untuk menjualnya. Sekarang banyak forum atau media sosial yang bisa Anda gunakan sebagai ‘pasar’ untuk membuka toko barang bekas yang ingin Anda jual.
Namun sebelum terlalu jauh berpikir untuk melakukan jual-beli barang elektronik bekas di internet, perhatikan hal-hal berikut ini terlebih dahulu:
1. Kepercayaan
Yang paling penting ketika bertransaksi jual-beli barang di internet adalah kepercayaan. Itulah modal penting Anda. Baik Anda sebagai penjual, Anda harus bisa membangun kepercayaan calon pembeli tentang siapa Anda, barang yang Anda jual, dan spesifikasi lengkapnya. Hal ini sangat berpengaruh pada penjualan laptop bekas maupun kamera bekas, terutama yang harganya hingga 2 jutaan ke atas. Anda sebagai pembeli juga harus memiliki kepercayaan kepada sang penjual. Ingat, Anda tidak bertatapan muka langsung kepada penjual karena hanya bertransaksi lewat internet. Jadi lakukan riset terlebih dahulu tentang penjual, dan pastikan agar transaksi yang dilakukan nantinya adalah aman. Bagus jika si penjual mengadakan metode Cash on Delivery (COD) atau bayar di tempat Anda bertemu dengannya melakukan transaksi. Ingat juga, tak ada transaksi yang akan berhasil antara pembeli dan penjual jika tidak ada unsur kepercayaan.
2. Bagi Pembeli
Pastikan lagi bahwa toko di mana barang itu dijual memang bisa dipercaya. Kenali di mana mereka beroperasi, bandingkan harga yang mereka tawarkan dengan harga pasaran pada umumnya, hingga pelajari metode pembayaran yang mereka terapkan. Ada banyak toko online yang menjual barang-barang elektronik bekas seperti laptop maupun kamera bekas yang bisa dipercaya, seperti MarkasLaptop.com, di mana mereka mencatutkan alamat lengkap operasional mereka sehingga bisa diakses secara offline. Di toko tersebut, Anda bisa menjual laptop atau kamera bekas Anda langsung secara online maupun offline, bahkan Anda bisa memilih sekian banyak laptop dan kamera bekas berbagai merek, spesifikasi, kualitas, hingga harga. Intinya lakukan riset sebelum melakukan pembelian untuk menjamin keamanan Anda dalam bertransaksi, terutama yang terkait dengan data-data pribadi.
3. Bagi Penjual
Dibandingkan dengan barang baru, barang bekas tentu akan lebih susah dijual. Barang bekas, setiap unitnya, memiliki kualitas tersendiri apakah masih sepenuhnya berfungsi atau hanya tinggal sekian persen saja dari yang seharusnya. Cantumkan spesifikasi terkini barang bekas yang Anda jual dengan jujur agar tidak terjadi masalah di kemudian hari antara Anda dengan si pembeli. Hal ini sangat mempengaruhi Anda sebagai penjual. Jika terbukti tidak sesuai dengan yang Anda cantumkan, pembeli bisa saja menuntut Anda. Juga, pahami bahwa menjual barang bekas di internet lebih susah. Tetapi jika Anda hanya menggunakan internet untuk memasarkannya dengan maksud bahwa Anda bersedia bertemu langsung kepada calon pembeli untuk memperlihatkan barang bekas yang hendak Anda jual, itu akan jauh lebih baik. Hal baik lainnya yang mungkin bisa Anda lakukan adalah mengundang pembeli untuk datang langsung ke alamat Anda di mana Anda mengumpulkan barang bekas tersebut.

Satu yang pasti adalah internet tujuannya adalah memudahkan, membuat hampir semua segi menjadi lebih efektif dan efisien. Tetapi tidak semua pihak percaya sepenuhnya pada transaksi jual-beli barang melalui internet. Semuanya perlu strategi, bukan? Intinya jika Anda memiliki barang bekas yang masih berkualitas dari segi fungsional, jangan pernah takut untuk mencoba media internet sebagai strategi pemasarannya. Yakinlah bahwa laptop bekas, proses jual beli kamera bekas, maupun barang elektronik bekas lainnya yang ingin Anda jual atau beli akan lebih baik prosesnya ketika Anda menggunakan internet dengan baik dan bijak. Semoga bermanfaat.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar